Joint Sealant Untuk Sambungan Jalan

Joint sealant sambungan joint tranfersal joint atau longitudinal joint pada jalan beton

Joint sealant untuk sambungan jalan, Aspal sealant jenis di masak atau poured sealant

Joint sealant untuk sambungan jalan, precompress aspal joint sealant

Aplikasi aspal joint sealant precompress pada sambungan jalan aspal


Jalan Beton (concrete rigidpavement).

Semua jalan sekarang ini menggunakan Jalan beton (jalan rigid) Rigid (kaku) kebalikan dari jalan jalan fleksible (jalan hotmix), perbedaan antara jalan beton dan jalan aspal adalah :

Aspal layer yang biasa dikenal dengan

  1. Jalan aspal adalah jalan yang dibuat dengan subbase yang telah stabil  dan di finishing langsung dengan jalan hotmix, disebut jalan aspal (lembut jalannya, tidak merusak ban, licin pada saat hujan dan mudah rusak apabila musim hujan)
  2. Jalan Beton (concrete rigidpavement), jalan yang dibuat dengan landasan sub base yang sudah stabil, land concrete (LC) baru kemudian dicor dengan beton dengan dibagi beberapa segment potongan (celah) (sifat Jalan : kaku, kasar, cepat merusak ban, tidak licin, tidak mudah rusak akibat genangan air hujan)
  3. Jalan beton permukaan lapisan aspal hotmix, adalah jalan yang konstruksinya menggunakan sistem jalan rigidpavement, kemudian diatas permukaan jalan beton dilapisi atau di layer dengan aspal hotmix, guna memberikan jalan yang tahan lama tetapi memiliki permukaan jalan yang pleksibel huna memberikan kenyamanan dalam berkekendara.
Mengapa sekarang pemerintah lebih menganjurkan penggunakan konstruksi Jalan Beton ?

Karena Jalan beton selain kuat terhadap genangan air hujan juga cepat pengerjaannya.

Berbicara mengenai jalan beton pasti ada celah (gap) potongan dengan jarak rata rata 5 M arah horizontal, dan sambungan memanjang arah longitudinal, mengapa harus dipotong dan ada sambungan pada segment jalan beton.

Jalan rigid (kaku) apabila tidak diberikan potongan celah (gap), maka akan menyebabkan retak lanjutan yang akan mempersulit perbaikan dan memberikan efek kerusakan memanjang.

Sehingga potongan ini sangat diperlukan dengan asumsi setiap sambungan menggunakan besi dowel (dengan sitem rigid disatu sisi dan sendi disisi lainya, karena besi dowel ini dibutuhkan untuk menahan beban antara slab jalan beton, yang akan terjadi pembebanan dan ada muai susut di sambungan ini.

Mengapa sambungan Jalan Beton harus ditutup dengan aspal joint sealant?

Baik itu aspal sealant yang dimasak (hot Bitumen), preformed sealant atau precompress aspal joint sealant , tujuan penutupan sambungan ini agar air dari atas jalan tidak memasuki celah dan akan menyebabkan air masuk kedalam tanah dan menyebabkan dowel menjadi karat, serta tanah dibawah jalan beton akan menjadi basah dan jenuh air, sehingga tanah tidak dapat menahan beban merata jalan beton diatasnya.

Sehingga penggunaan aspal joint sealant pada sambungan jalan beton ini sangat diperlukan sekali, dan jangan dianggap enteng dengan pemakaian aspal joint sealant yang salah, karena dapat menyebabkan kerusakan pada jalan beton, dan sehingga jalan menjadi mudah patah.

Gunakan selalu aspal joint Sealant yang baik dan direkomendasikan oleh konsultan anda.

Dan untuk mengetahui produk joint sealant apa saja yang kami pasaekan silahkan kunjungi blog kami di:

JOINT SEALANT JALAN BETON